Card image cap

Taman Pintar Yogyakarta Mengawali 2021, Menanam Pohon, Menanam Harapan

www.tamanpintar.co.id - Pohon adalah salah satu sumber kehidupan. Pohon memiliki fungsi ekologis yang sangat penting, yaitu sebagai penyaring pencemaran udara, suplai oksigen, penjaga sumber air, dan pemberi keteduhan. Secara simbolis, pohon juga mencerminkan harapan akan masa depan yang lebih baik.

Di awal tahun 2021 ini, tepatnya pada 15 Januari 2021 Taman Pintar Yogyakarta melakukan penanaman pohon di Taman Budaya Embung Giwangan. Penanaman ini dipimpin oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Ibu Yetti Martanti, S.Sos. MM didampingi oleh Kepala Taman Pintar, Ibu Retno Yuliani, S.E., M. Ec. Dev., bersama jajaran struktural Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Dalam kegiatan penanaman pohon tersebut, jenis pohon yang ditanam secara khusus  mengandung makna filosofi Jawa, seperti pohon Kepel (bersatunya keinginan dan harapan), Sawo Kecik (sarwo becik), Jambu Dersono (lambang cinta kasih sesama), dan pohon Kalpataru sebagai lambang kehidupan. 

Penanaman pohon ini sekaligus menandai beberapa momen penting bagi Taman Pintar Yogyakarta. Seiring dengan adanya perubahan kelembagaan di Pemerintah Kota Yogyakarta, Taman Pintar yang semula berada di bawah Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, per tanggal 4 Januari 2021, Taman Pintar Yogyakarta berubah menjadi UPT Pengelolaan Taman Budaya dibawah Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.

Dalam kelembagaan baru tersebut, Taman Pintar tetap diakui eksistensinya dan diberikan tanggungjawab yang lebih besar yaitu dalam pengembangan Taman Budaya Embung Giwangan, di bawah koordinasi Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Taman Budaya Embung Giwangan ini masih dalam tahapan pembangunan fisik dan sarana prasarana dan direncanakan mulai beroperasi di tahun 2022.

Keberadaan Taman Budaya Embung Giwangan di wilayah kecamatan Umbulharjo tersebut diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata baru bernuansa alam dan budaya di Kota Yogyakarta, khususnya di bagian selatan.  Saat ini, fasilitas yang telah terbangun adalah embung  itu sendiri, jogging track, dan toilet.  Di tahun 2021 ini akan dilakukan tahapan pembangunan selanjutnya seperti mushola, lampu penerangan, dan pagar kawasan sisi barat.