Card image cap

BERMAIN SAMBIL BELAJAR STEAM DI PISA TAMAN PINTAR

www.tamanpintar.co.id – Dalam era globalisasi dan teknologi yang semakin maju, pendidikan anak-anak harus menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman. Salah satu pendekatan pendidikan yang menjadi semakin populer adalah STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics).

Taman Pintar bekerjasama dengan Komunitas STEAM Lab Indonesia menyelenggarakan “Playdate STEAM” di Perpustakaan Taman Pintar pada Sabtu, 6 Juli 2024.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta anak usia 3—8 tahun. Anak-anak didampingi orangtua diajak untuk mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari Read Aloud, STEAM Activity, dan Sharing Session.

Eksperimen sains yang diangkat pada sesi STEAM Activity adalah Mobil Tenaga Angin. Alat dan bahan yang digunakan merupakan benda yang mudah diperoleh dalam kegiatan sehari-hari.

STEAM tidak hanya menekankan pada aspek-aspek teknis, tetapi juga mengintegrasikan kreativitas dan seni untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan inovasi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep STEAM, mengembangkan keterampilan, meningkatkan minat belajar, serta mendorong partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran anak. Hal ini sejalan dengan misi Taman Pintar untuk mengedukasi dengan cara yang menyenangkan.